Pesan Buat OPI-TH


Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Segala bentuk pujian bagi Allah SWT. yang telah memberikan berkah dan rahmatNya kepada kita semua, khususnya pada organisasi ini yang masih berkiprah baik bagi pondok maupun masyarakat. Dan tak lupa kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW. Yang telah menghantarka kita menuju peradaban keislaman. Tanpa beliau, kita hidup di dunia ini laksana ruang yang gelap gulita tanpa disertai lentera yang meneranginya.
Bentuk struktural kesuksesan dalam organisasi itu ada pilar, yaitu cadangan perekonomian, kekomplitan administrasi, serta kekompakan pengurus dan warga. Tanpa adanya unsur-unsur tersebut, suatu organisasi tidak akan bisa bangkit dengan baik.
Dalam kurikulum desain, Organisasi Pelajar Islam Thoriqul Huda (OPI-TH) itu tidak hanya dituntut pandai dalam berorganisasi, namun pemanfaatan organisasi ini sebagai wadah pengukuhan silaturrahmi, baik secara eksternal maupun internal. Selain itu, pemantapan dalam visi-misi OPI-TH juga harus tetap menjadi senjata dalam menciptakan generasi bangsa sesuai UUD 1945 Alenia ke-3, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi, dalam orda OPI-TH kita tidak hanya memajukan secara internal namun juga memiliki tujuan dan tekad bersama dalam mensejahterakan kualitas SDM di Indonesia. Itulah yang dinamakan standar. Segala bentuk kebijakan dan perubahan zaman apabila ada suatu standar yang kokoh, suatu kehidupan (organisasi) itu tidak akan roboh.
Setiap periode baru OPI-TH, harus diadakan evaluasi. Evaluasi tersebut dilakukan agar kita tahu apa kekurangan dan kelebihan dari periode sebelumnya. Setelah adanya evaluasi, kita bisa memilah program apa yang sesuai dengan periode itu nanti dan kekurangan dari periode sebelumnya bisa diidentivikasi kesalahannya untuk diperbaiki lagi.
Waktu satu tahun (satu periode) untuk membangun suatu peradaban dalam organisasi itu tidaklah cukup. Kita harus peka dengan apa yang telah berubah dari periode sebelumnya, apakah periode ini lebih bagus dari periode yang lalu ataupun sebaliknya. Dan mungkin itulah salah satu  tolak ukur yang tepat untuk mengukur kemajuan periode dalam membangun peradaban dalam suatu organisasi. Salah satu kenangan yang sangat membanggakan apabila dalam satu periode bisa menciptakan suasana organisasi yang berbeda dari periode sebelumnya bahkan berbeda dari organisasi lainnya. Hal itu dikarenakan bisa sebagai acuan untuk periode-periode selanjutnya dan acuan bagi organisasi lain untuk selalu dikenang.
Saya selaku perwakilan dari Pengurus Organisasi Pelajar Islam Thoriqul Huda Periode 2012-2013 mengucapkan mohon maaf apabila dalam satu periode ini ada kesalahan dalam bertindak. Dalam organisasi ini kami sama-sama belajar berpolitik, beradministrasi, kekeluargaan yang pastinya masih banyak kekeliruan dan mengecewakan banyak pihak, dari warga OPI-TH sendiri maupun masyarakat yang lain.
Dengan berakhirnya butir-butir kata-kata yang saya sampaikan ini, semoga bisa jadi pelajaran, motivasi bagai yang membacanya dan khususnya pengurus putra-putri OPI-TH yang akan mengekspresikan kreatifitasnya untuk membangun organisasi ini sebagai sarana ikut serta dalam mencerdaskan bangsa Indonesia. Akhirul kalam...
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

2 comments:

  1. sip cak... terus kembangkan ,, jaya opi th

    ReplyDelete
  2. ayo bareng" berkarya......
    ben gag rugi leh mondok n organisasi......

    ReplyDelete

Powered by Blogger.