7 Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya

Perguruan tinggi merupakan salah satu jembatan untuk mencapai keinginan dan kesuksesan sebagai bekal dihari esok. Yang lebih menjanjikan lagi adalah perguruan tinggi dengan “embel-embel” negeri atau lebih dikenal dengan PTN. Ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Nusantara. Namun pada pembahasan kali ini akan di jelaskan mengenai PTN di wilayah Surabaya. Berikut ulasannya.
 
1.      Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
Salah satu perguruan tinggi di Indonesia dengan konsentrasi atau spesifikasi jurusan dibidang teknik. ITS sendiri bisa dibilang sebagai PTN terbaik se Jawa Timur. Memiliki wilayah yang luas memberikan daya tarik tersendiri bagi pelajar yang baru lulus dari SMA/ MA/Sederajat untuk melanjutkan kuliah di sana. Dalam seleksi masuk PTN, ITS juga memiliki kadar passing grade lumayan tinggi dan juga peminat yang banyak. Sekitar puluhan ribu pendaftar memilih ITS sebagai pilihannya.

2.      Universitas Airlangga (UNAIR)
Universitas dengan lambang arca Airlangga memberikan suatu kegagahan bagi orang yang melihatnya. Di UNAIR sendiri memiliki beragam jurusan mulai dari jurusan pendidikan, teknik, ilmu sosial hingga kedokteran. Jurusan kedokteran inilah yang menjadi primadona bagi pelajar di Indonesia bahkan internasional. Ditinjau dari sisi lain, jurusan kedokteran UNAIR memiliki Rumah Sakit sendiri yang sangat terkenal, yaitu RS DR. Soetomo. UNAIR juga pernah menempati universitas terbaik di Indonesia untuk jurusan kedokterannya.

3.      Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
Universitas dengan latar belakang jurusan pendidikan, UNESA juga ikut serta dalam pengembangan mutu pendidikan di Indonesia. Berbagai jenis kurikulum yang pernah diterapkan di Indonesia, UNESA tak tinggal diam guna mengolah wajah pendidikan di Negara kita. Selain berlatar belakang jurusan pendidikan, di universitas ini juga memiliki jurusan dibidang teknik, ilmu sosial dan ilmu murni. UNESA juga menjadi maskot bagi pendidikan di Jawa Timur sebagai penilai akreditasi SD, SMP dan SMA/Sederajat.

4.      Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA)
Mungkin banyak yang belum mengerti mengenai perpindahan nama universitas yang asal mulanya bernama IAIN Sunan Ampel berubah menjadi UINSA. Perubahan nama tersebut terjadi karena mulai berubahnya pandangan global yang memaksa seluruh negara di dunia mengikuti perkembangan zaman dengan kemajuan teknologi modern seperti saat ini. Maka dari itu, pihak kampus merubah sitem berawal dari institute menjadi universitas. Di UINSA memiliki program tambahan umum seperti masuknya fakultas Teknologi dan Sains, Ilmu Keperawatan (segera dibuka) selain jurusan agama yang menjadi background kampus tersebut.

5.      Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya
Baru saja mengalami pergantian status pada tahun 2014 kemarin yang asal mula berstatus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) kini berubah status menjadi PTN. Perubahan status ini telah dicanangkan oleh Dirjen Strategi Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI Sonny ES Prasetyo yang telah menjanjikan perubahan status tersebut. Imbas dari perubahan ini, peminat masyarakat untuk kuliah di UPN juga semakin meningkat. Ada beberapa tempat atau kampus UPN yang ada di Indonesia, seperti UPN Yogyakarta, UPN Surabaya dan UPN Jakarta.

6.      Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)
Pada awal berdiri, PPNS dan PENS tergabung atau di bawah kendali Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Namun pada tahun 2012 perguruan tinggi ini melepaskan diri atau berrsifat mandiri dari ITS. Perguruan tinggi dengan basis teknik perkapalan ini memiliki beberapa jurusan seperti teknik permesinan kapal, bangunan kapal, kelistrikan kapal, dan teknik keselamatan dan kesehatan kerja. Dengan adanya spesifikasi jurusan seperti itu diharapkan mampu menghasilkan lulusan-lulusan handal dibidang perkapalan sesuai dengan kondisi wilayah di Indonesia sebagai negara maritim.

7.      Politeknik Elektronok Negeri Surabaya (PENS)
Sama halnya dengan PPNS, PENS juga lahir dari rahim yang sama, yaitu ITS. Konsentrasi jurusan dibidang elektronika, diharapkan mampu menghasilkan ahli-ahli elektronika guna perkembangan teknologi di Indonesia. Selain itu, politeknik didirikan juga mencetak generasi anak bangsa siap kerja. Tidak hanya sebagai pelamar kerja, namun juga pencipta pekerjaan.

Demikianlah 7 Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya. Semoga menjadikan referensi bagi generasi anak bangsa untuk melanjutkan kuliah khususnya di wilayah Surabaya. Selain itu juga masih banyak lagi perguruan-perguruan tinggi swasta di Surabaya untuk dijadikan tujuan menuntut ilmu di bangku universitas. Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.