Tutorial: Cara Memisahkan Dua Halaman yang Berbeda Melalui Page Layout

Page Layout merupakan salah satu item di toolbar Microsoft Office 2007 yang sering digunakan oleh user untuk mengatur margin suatu halaman. Berbicara mengenai halaman, banyak user yang kesulitan membuat suatu dokumen di dalamnya terdapat lebih dari satu format nomor halaman. Jika dilihat – lihat, cara menggunakan Ms. Word terlihat mudah. Tetapi setelah diperdalam lagi mengenai seluk – beluk dalam Ms. Word ternyata gampang - gampang susah. Sebagai contoh, pada saat menyusun makalah atau skripsi. Penggunaan Ms. Word sangatlah diperlukan mulai dari keterampilan mengetik, keterampilan dalam bermain teknik harus dikuasai agar hasil dari apa yang kita fikirkan terwujud dalam suatu karya tulis berbentuk makalah atau skripsi. Pembuatan skripsi, makalah dan tugas-tugas lain diharuskan menggunakan format nomor halaman berupa angka biasa dan juga huruf (i, ii, dst). Bagaimana kita bisa membuat lebih dari satu halaman pada satu dokumen yang kita buat? Berikut akan dijelaskan mengenai pembuatan halaman di Ms. Word.
Misalkan kita membuat halaman di lembar dokumen Ms. Word yang baru,
1.      Klik Page Layout pada toolbar



2.      Selanjutnya Klik Toolbar Breaks.


Pada tahap ini, secara otomatis akan menambah lembar kerja pada Ms. Word.


3.      Kemudian pilih Next Page, maka pointer akan berpindah kehalaman berikutnya.
Next page ini berfungsi untuk membedakan antara format dari satu halaman ke halaman lain, sehingga memungkinkan kita untuk member nomor halaman dengan format yang berbeda.
4.      Langkah yang terakhir adalah member nomor halaman pada tiap halaman yang berformat berbeda. Nah, anda dapat memberikan halaman pada lembar yang berbeda.

Demikian tutorial mengenai Cara Memisahkan Dua Halaman yang Berbeda Melalui Page Layout. Semoga tutorial pada kali ini dapat membantu mengenai cara penggunaan Ms. Word.

No comments

Powered by Blogger.